Traveling murah? hayuk , Chit chat and Tips!!!

Kamis, 31 Mei 2018

Oh iya sebenarnya mau ngetik ini pas tanggal 1 juni cuman berhubung besok banyak kegiatan jadi aku ceritain sekarang aja ya hhhe. Sering banget dibilangin enak ya bisa jalan2, bisa liburan...hmm.

Sepertinya gak sepenuhnya benar sih, karena liburan gak segampang yang kalian liat di postinganku, semua butuh proses terutama dari segi perijinan. Masalah keuangan? tergantung kamunya. BTW karena aku anaknya super duper hemat jadi masalah keuangan apapun Insyah Allah gak pernah ngeluh hho.



  • Sejauh ini udah berapa kota yang kakak kunjungi? 
Berarti dari kecil ya , alhamdulillah udah 10 tempat (selain Palembang) tapi rata-rata pulau sumatera dan jawa sampai ke Lombok. Jogja, solo dan Bogor udah lama banget masih belum kenal sosmed malah pas SD. hiks
  • Dari sekian banyak tempat yang paling berkesan daerah mana kak?
Bengkulu Selatan? Bangka? hhhe karena treknya gak pake pesawat hhho jadi benar-benar menikmati sakitnya pantat dan kaki tapi dengan pemandangan indah sepanjang jalan.
  • Di Palembang sendiri gak pernah liburan gitu?
Pernah liburan sambil kerja, contohnya Lubuk Linggau dan OKI.
  • Dari semua tempat yang kulinernya paling enak2?
Gak perlu dijawab ya kalau temenan di IG, aku selalu mention Bandung dan tentunya Palembang terdebest hho.
  • Motivasi terbesar punya hobi jalan-jalan?
Orang tua, mama pas muda hobi banget liburan. Nah kalau papa liburannya super duper bikin iri untung beliau belum ke korea selatan (maklum cita2 mantan kpopers hho). 
  • Tempat yang ingin dikunjungi dan belum kesampaian?
Ah gila banyak banget, Indonesia gak cukup sebentar buat di explore. Tapi sepertinya Tanah Toraja, Labuan Bajo, Pulau Pari dan Pulau Cinta sasaranku setelah ini.

Pantai Tebing Lombok
Benteng Marlborough
Tips Liburan Murah :
Pertama kamu harus tahu bucket list kamu, kalau gak punya bugdet gede bisa dimulai dari tempat yang terdekat, percayalah banyak yang belum ke explore di sekitar kita, kayak aku yang pernah ke Lampung tapi belum pernah ke Pulau Pahawang (Next time ya!).

Kedua saranku lebih enak lewat jalur darat atau laut (yah kalau fisik kamu gak lemah ya!) karena kamu bakal menemukan hal2 tak terduga ya. Contohnya dari Palembang ke Bengkulu kan bisa menggunakan jalur kereta api. Pasti pemberhentiannya di Lubuk Linggau terus naik mobil lagi melewati Curup tuh menuju Bengkulu. Bisa dong sepanjang perjalanan mampir dulu (jadi dapat 3 tempat kan sekali jalan). Lagian jalur darat jauh lebih murah dari jalur udara apalagi sekarang banyak aplikasi traveler yang banyak menawarkan harga hemat.

Ketiga bangun jaringan (ini terpenting) Jangan sungkan untuk ikut jalur "Open Trip" ingat setiap jasa travel khusus pariwisata pasti selalu ada paket Open Trip. Harganya bisa jauh lebih murah dari paket reguler. Open Trip disini jadi kamu bakalan liburan satu rombongan tapi biasanya orang2 yang gak saling kenal gitu. Seru deh selain punya kenalan baru juga bisa saling tukar informasi. Apalagi anggota Open Trip biasanya dari berbagai kota berbeda.

Keempat jangan malu nebeng hhe. Syaratnya jangan gak ramah dan canggung, punya banyak teman itu perlu loh jadi kalau liburan gak harus nunggu teman sekolah atau teman kerja atau sahabat. Tapi ingat!!! jangan sembarang juga cari teman atau link buat ngetrip. Jujur awalnya aku anaknya mudah canggung dan seenaknya sendiri tapi berkat sering liburan dan nebengin orang. Aku perlahan2 mulai belajar untuk bisa menyesuaikan diri dimanapun berada. Yah namanya nebeng biasanya dapat tinggal gratisan nah dari situ aku banyak belajar hal baru bahkan jadi keluarga baru.

Kelima kalau kamu tipe orang yang males ribet dan lebih milih jalur udara, Sistem tengah malam hhe. Nah rajin2 tuh ngecheck aplikasi sejenis traveloka, setiap satu jam di check sampai dapat harga termurah karena setiap saat harga tiket pesawat sering berubah2. Intinya Up to Date dan siapin M-banking biar gak ribet nyari ATM dulu buat transfer apalagi tengah malam paling sering tuh harga tiket pesawat bahkan hotel jadi murah.

Keenam hindari liburan di hari weekend, pertama kamu gak bakalan puas liburan pastinya yang di explore sedikit dan kedua Kantong terkuras 2x lipat dari hari biasanya. Jadi mending cuti dihari2 orang sibuk sekolah dan kerja.

Last, persiapan!!! yaps kamu harus tau pengeluaran selama perjalan kesana, yang terpenting rajin update dan baca artikel yang ngebahas full ke tempat tujuan kamu.

Sabang
Di jawa Padinya mirip Savana ya
Danau Kaolin Bangka
Bandung
Dan beberapa tempat lainnya yang gak bisa aku share karena ketidak canggihan Teknologi a.k.a smartphone. Apalagi waktu ke jogja itu udah lama banget pas SMP dan bareng2 study tour.

Candi Borobudur

Bonus Sunset Bali
Sekian! Malu komen di blog, DM ke instagram aja : @ririn.wulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS