INTJ populasi unik?...

Jumat, 04 Mei 2018

Jadi beberapa minggu yang lalu, aku sharing tentang 1 dari 16 Myer-Birggs-Type-Indicator atau MBTI...Nah disini aku cuman terfokus sama satu kepribadian ya, kalau kalian pengen lengkap ke 16nya bisa searching di internet hhe.

Kenapa aku fokus ke INTJ? karena ini adalah Kepribadian aku sendiri. INTJ adalah Intoversion Intuition Thinking Jugjement, menurut mbak wikipedia sih ini populasi langka sekitar 1-2% saja yang punya kepribadian ini. Aku tidak akan berbicara INTJ dari awal karena disini aku hanya bercerita karakteristik dan perilakuku sebagai INTJ.
Namun pada intinya INTJ adalah introvert (yang belum tahu googling ya!) yang menggunakan intuisinya lebih kuat.

Dari sekian banyak artikel yang menceritakan tentang INTJ pada hakikatnya ada beberapa hal yang tidak sepenuhnya aku setuju oleh karena itu, akan ku ceritakan "AKU SEBAGAI INTJ".

  • Tertutup : Kadang suka bingung dengan orang yang menganggap aku tertutup itu dari segi apa? nyatanya aku itu aslinya super bawel. Cuman memang aku bisa begitu hanya dengan orang-orang pilihan, orang-orang yang sangat ku anggap dekat.
  • Jutek : Satu hal yang orang tidak tahu bahwa INTJ itu sesungguhnya orang yang paling ramah, lalu kenapa mereka dibilang jutek? menurutku pribadi, aku bukan jutek hanya saja INTJ golongan orang yang mudah ilfil. Contoh : dengan gampang dia bisa menyapa orang asing dan mengobrol seadanya namun  ketika orang asing itu mulai membual kata-kata atau ngomong hal yang tak penting yang tidak sejalan dengan INTJ. Well disinilah dia akan dengan resfect mendadak jutek atau mendadak diam.
  • Pendiam : yang ini aku setuju tapi gak sepenuhnya benar karena tergantung orang sekitar membawa suasana kalau menurutku yang dibicarakan hal menarik pasti bakal excited dan bawel.
  • Kurang Peka : Salah sih karena aku pribadi selalu diam-diam memperhatikan sekitar, cuman aku tipe orang yang menjaga privasi. Kalau menurutku hal tersebut tidak perlu melibatkanku maka aku akan pura-pura tidak tahu. Itu saja karena INTJ terlahir untuk tidak kepo.
Apa betul INTJ lebih suka sendiri?
iya itu 90% aku mengiyakan, 10% tidak karena orang akan salah paham dengan makna sendiri. Suka sendiri disini lebih kepada recharger dan me time bukan Tidak perlu bantuan orang lain. Aku pribadi bisa di kamar berjam2 bahkan seharian, karena kalau sedang sendiri. Aku akan lebih religious dan bisa memikirkan goals dalam hidup serta banyak hal2 positif tertuang saat sedang sendiri.

Tidak suka keramaian berarti? 
bukan tidak suka cuman aku golongan orang yang melakukan apapun harus produktif, nah aku kurang suka kalau berada di keramaian untuk tujuan gak jelas. Contoh : nongkrong dengan teman tapi nongkrong dan obrolan kosong aja tanpa ada kegiatan berarti, Belanja yang gak penting juga salah satunya. Aku lebih suka tidur dirumah jika memang tidak ada hal produktif yang harus dikerjakan. Bahkan sakin suka sendiri lebih senang nonton bioskop dan makan sendiri.

Lah gak seru dong temenan sama kamu?
perlu digaris bawahi , selama aku hidup. teman dekatku tidak pernah komplain hal itu, jadi kalau gak seru itu karena yang bersangkutan memang suka senang-senang hidupnya. Sedangkan aku lebih mencari teman yang bisa selalu ngasih energi positif.

Kamu tidak suka obrolan gak penting, bagaimana cara mengatasinya?
yang pertama pastinya aku bakalan sibuk dengan hp, kedua aku pasti dengerin lagu dengan headseat atau ketiga aku biasanya menjauh. Karena aku tipe orang yang kurang peduli dengan urusan yang tidak ada sangkut-pautnya dengan aku pribadi.

Katanya kamu enak diajak curhat tapi kenapa kamu cuek?
bukan enak diajak curhat tapi aku sangat menghargai orang yang mau cerita-cerita denganku, aku bakalan dengar tapi kalau saat aku memberi saran malah dibalas "kamu tuh gak ngerti jadi aku? iya ngomong doang gampang mah kamu atau bla bla bla" asli setelah itu aku bakal jadi cuek hhe. Soalnya aku kurang suka dengan orang yang kalau galau seperti orang mati kalau dikasih nasehat atau saran suka bantah. pasti dalam hati bergumam "mati aje lu dah daripada drama mulu wkkwkwk".

Tapi kamu rajin ikut event harusnya kamu susah ketemu orang baru?
kata siapa aku paling gampang akrab dengan orang (diawal lo yah) karena perkenalan kan tapi jeleknya aku? aku mudah ilfil jadi kalau misalnya aku cuman akrab sehari dan besoknya enggak? berarti yang bersangkutan berhasil membuat ilfil. hhe
Tapi kalau aku nyaman dengan orang bakalan dari awal kenal sampai kapanpun pasti akrab, banyak sih aku akhirnya akrab dengan orang asing karena ikut event.

Apa kamu kurang simpati orangnya?
iya jadi meskipun ada orang nangis didepanku belum tentu aku peduli, karena aku orangnya Intuisi Berpikir Bertindak...biasanya kedua (Thinking) yang bermasalah jadi kalau ku pikir gak perlu simpati dengan orang itu karena alasan yang logis yah gak bakalan peduli.

Malas balas chat?
iya sekali lagi aku orangnya apa2 produktif, jadi kalau chat itu gak urgent banget sekedar basa-basi ya, entar entaran pasti. Aku tipe orang visual, cenderung lebih suka yang nyata daripada halu. Jadi lebih senang ngobrol FACE TO FACE ketimbang ngechat yang ketawa cuman teks doang, sedih cuman teks doang tanpa lihat ekspresi. AKU PALING SUKA EKSPRESI ORANG KETIKA MENGOBROL LANGSUNG DENGANKU.

Biasanya intovert senang baca , lah kok kamu gak?
iya yang ini agak aneh sih...tapi jujur baca itu membosankan karena aku tipe mudah ngantuk dan senang visualisasi jadi aku lebih milih yang nampak daripada baca terus mikir.

Pandangan kamu tentang haters?
lah gila kalau ada yang gak suka dengan golongan INTJ, karena setauku mereka bukan golongan penggangu dan mereka gak suka ngurusin hidup orang. jadi kalaupun ada yang benci pure asli itu akibat iri. jadi kenapa harus pusing harusnya pede dong berarti kita punya kelebihan dari dia.

Recharging, aku sering dengar INTJ butuh recharge. kenapa?
iya karena mereka punya kapasitas dalam hubungan sosial jadi mereka gak bisa 24 jam bersosialisasi dengan banyak orang. mereka butuh isi tenaga dengan cara menyendiri.

Jadi itu singkat kekeliruan orang terhadap golongan INTJ. Mungkin bisa saja ku tambah dikemudian hari. 

Intinya mereka bukan orang yang tidak suka berinteraksi tapi mereka hanya tau apa yang penting dan tidak penting untuk dilakukan!!! mereka golongan orang yang tidak mau rugi, menghabiskan waktu untuk sesuatu yang tidak berarti. Dan mereka balance antara urusan sosial dan urusan privacy.


oh iya INTJ golongan orang "tanpa ekspresi" yah yang ini aku setuju 100%...hhe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS